Wear Your Face Mask

Import nilai ke e-Rapor (Membuat Perencanaan)

Sudah tidak terasa sekarang kita sudah sampai ke penghujung semester, dimana setiap akhir semester, sekolah akan melaksanakan penilaian. Menurut Permendikbud No.23 Tahun 2016, Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Nah setelah kita melakukan penilaian selanjutnya hasil dari penilaian tersebut kita akan menginformasikannya ke peserta didik dan orang tua melalui buku rapor.

Nah Kali ini kita akan membahas menginport nilai dari hasil penilaian menjadi sebuah buku rapor kedalam sistem e-Rapor yang nantinya akan kita berikan kepada peserta didik dan orang tua. 

Langkah awal sebelum kita meng-import nilai ke e-Rapor, kita harus membuat dulu perencanaannya. Nah bagaimana caranya, yu kita simak penjabaran berikut ini.

Pertama kita logi terlebih dahulu ke e-Rapor nya dengan menggunakan email dan password yang bapak ibu miliki

Setelah kita isi email, pasword dan memilih tahun ajaran beserta semester, silahkan klik "Masuk"
sehingga kita akan melihat daftar kelas yang kita ampu.
Selanjutnya silahkan pilih menu "Perencanaan" dan pilih "Rasio Nilai Akhir"


Pada kolom rasio silahkan isikan rasio pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan pelajaran yang bapak/ibu ampu. Dalam pengisian rasio ini, jumlah antara rasio pengetahuan dan keterampilan harus 100 (Misal, 60 40, 50 50, 40 60) selanjutnya simpan.

Setelah kita mengisi rasio pengetahuan dan keterampilan, selanjutnya kita pilih "pengetahuan"
Untuk membuat perencanaan penilaian pengetahuan silahkan  pilih tambahkan data (nomor 3 pada gambar di atas) 
Silahkan Pilih Tingkat kelas (1), Rombongan belajar (2),  Mata Pelajaran (3) dan isikan aktifitas penilaian, Teknis Penilaian bobot dan KD yang sesuai (4) kemudian simpan (5)
Perencanaan yang sudah di input akan muncul seperti gambar di atas. Untuk kelas yang lain sama caranya seperti langkah-langkah di atas.

Setelah kita membuat perencanaan pengetahuan, selanjutya kita membuat perencanaan untuk keterampilan. Silahkan pilih Penilaian keterampilan (Masih dimenu perencanaan), selanjutnya isikan Tingkat kelas, Rombongan belajar,  Mata Pelajaran  teknik penilaian dan bobot (untuk bobot bisa disesuaikan). selanjutnya isikan aktifitas penilaiannya "portofolio" dan pilih KD yang sesuai. setelah itu silahkan simpan
Perencanaan penilaian keterampilan untuk portofolio sudah berhasil di buat, selanjutnya kita pembuat penilaian keterampilan yang lainnya Kinerja, Proyek (jika diperlukan). langkahnya silahkan tambah data (lihat gambar di atas). Kemudian pilih Penilaian keterampilan (Masih dimenu perencanaan), selanjutnya isikan Tingkat kelas, Rombongan belajar,  Mata Pelajaran  teknik penilaian dan bobot (untuk bobot bisa disesuaikan). selanjutnya isikan aktifitas penilaiannya "Kinerja" dan pilih KD yang sesuai (langkahnya sama dengan langkah penilaian keterampilan proyek hanya di bagian aktifitas penilaian kita ganti dengan Kinerja) setelah itu silahkan simpan.
Perencanaan keterampilan untuk proyek dan Kinerja sudah dapat kita buat 😀
Untuk  perencanaan Proyek langkahnya sama dengan perencanaan Portofolio dan Kinerja di atas, hanya di bagian aktifitas penilaian silahkan isikan "Proyek"kemudian simpan
Ye,....!! perencanaan penilaian keterampilan sudah kita buat 😀😀😅
Itulah cara membuat perencanaan penilaian baik pengetahuan ataupun keterampilan di e-Rapor, selanjutnya kita akan menginfut nilai hasil penilaian ke perencanaan yang sudah kita buat. Bagaimana caranya silahkan klik lanjutkan di bawah!

Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN


 
Support : acimulyana | email
Copyright © 2022. My Blog - All Rights Reserved
Template by Acim Mulyana
Proudly powered by Blogger