Wear Your Face Mask

SPLDV (SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)

Pernah kah kalian "Jalan-jalan" ke suatu kantin? Pastinya pernah dong.....!!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ 
Misalkan di suatu kantin terdapat menu paketan seperti berikut!
   

Berdasarkan gambar di atas, bisa ga sih kita mengetahui harga satuan dari masing-masing kaos dan topi tersebut? 

Ternyata, itu bisa diselesaikan dengan menggunakan materi Matematika, yaitu dengan menggunakan Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). 
Dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan SPLDV ini, ada beberapa langkah-langkahnya yang harus kita lewati. Jadi, nggak bisa asal-asalan dalam menentukan solusinya. Mau tahu apa saja langkah-langkahnya yu simak materinya di bawah ini. 

 1. Persamaan Linear Dua Variabel 
Sebelum kita membahas tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), yu kita ingat-ingat lagi tentang persamaan Lienear dua variabel Persamaan Linear dua Variabel yaitu
   
Persamaan yang memuat dua variabel dimana setiap variabelnya memiliki pangkat tertinggi tepat satu dan tidak mengandung perkalian antar variabel

Persamaan Linear Dua Variabel mempunyai bentuk umum 


Jika kita lihat dari bentuk umum Persamaan Linear Dua Variabel tersebut dapat kita simpulkan bahwa Persamaan Linear Dua Variabel memiliki empat ciri yaitu
1. Memiliki tanda sama dengan "="
2. Memiliki dua variabel "x" dan "y"
3. Setiap variabel memiliki pangkat "tepat satu"
4. Tidak mengandung perkalian antar variabel "x.y"

 2. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Jika kita gabung beberapa persamaan inear dua variabel sehingga memiliki penyelesaian yang sama, maka gabungan persamaan linear dua variabel tersebut dinamakan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Untuk selanjutnya kita singkat aja ya menjadi SPLDV)

Sehingga Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Untuk selanjutnya kita singkat aja ya menjadi SPLDV) dapat simpulkan sebagai
   
Gabungan dari dua atau lebih persamaan linear dua variabel yang memiliki penyelesaian yang sama

Contohnya

            2x + 3y = 5
              x - 2y = 6

3. Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Menyelesaikan SPLDV artinya mencari nilai variabel yang memenuhi masing-masing persamaan linear dua variabel yang diberikan.

Untuk menentukan penyelesaian dari SPLDV dapat dilakukan dengan tiga metode yaitu 

Sebenarnya masih ada beberapa metode lain misalnya dengan menggunakan determinan, namun metode yang kita bahas pada kesempatan kali ini hanya 3 metode yang telah disebutkan di atas. dan dari ketiga metode tersebut yang sering dipakai adalah "metode gabungan" dari metode eliminasi dan metode substitusi


Untuk pembahasan masing-masing silahkan pilih metode yang akan di bahas di atas
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN


 
Support : acimulyana | email
Copyright © 2022. My Blog - All Rights Reserved
Template by Acim Mulyana
Proudly powered by Blogger