Wear Your Face Mask

Upload soal "word" ke LMS/Moodle (Tanpa Examview )

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara upload soal format "Microsoft Word" ke LMS/Moodle dengan menggunakan aplikasi Examview (Bagi yang belum tau bisa klik di sini).

Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara bagaimana  upload soal format "Microsoft Word" ke LMS/Moodle tanpa harus instal Examview.

Dalam mengupload soal ke LMS/Moodle tanpa menggunakan examview dengan menggunakan examview sebenarnya sama hanya sedikit ada perbedaan di cara penulisan kunci jawaban. 

Format microsoft word yang kita siapkan adalah sebagai berikut

  1. Pertanyaan di awali dengan nomor, titik dan spasi di dilanjutkan oleh pertanyaan
  2. Pertanyaan tiap soal tidak boleh mengandung enter (dibuat berlanjut)
  3. Untuk kunci jawaban diberikan bintang (*) di depan option jawaban yang benar
  4. Tiap nomor soal dipisahkan dengan spasi


Setelah kita menyiapkan soal sesuai format di atas selanjutnya kita akan merubah soal tersebut ke format Blackboard tanpa menggunakan aplikasi examview.
langkahnya adalah silahkan buka link BLACKBOARD TEST GENERATOR nanti akan diarahkan ke ke alamat https://ed.oc.edu/blackboardquizgenerator/  


Silahkan isikan "Test Name" sesuai dengan soal yang akan di buat, kemudian di bagian "Create sample question" kita pilih Pilihan Ganda (atau jenis soal yang yang di buat).

Selanjutnya kita copy paste soal yang sebelumnya kita siapkan


Kemudian klik "generate tes questiones". jika sukses maka akan berwarna hijau, namun jika masih ada soal yang berwarna merah berarti formatnya masih tidak sesuai, silahkan di seting dulu sesuia dengan format di atas

Selanjutnya kita tinggal download, klik "Download Question Pool", dan simpan di directory laptop anda. Nanti akan terdapat file berformat zip


Setelahlah itu baru kita upload soal tersebut ke LMS/Moodle kita, bagaimana cara upload nya silahkan klik "Lanjtkan". Yang perlu diketahui untuk upload tanpa examview ini soal hanya berupa text, tidak boleh ada Gambar, Equation, Tabel dan sejenisnya..

Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN


 
Support : acimulyana | email
Copyright © 2022. My Blog - All Rights Reserved
Template by Acim Mulyana
Proudly powered by Blogger